Tips Memilih Besi Untuk Kebutuhan Proyek

Assalamualaikum kawan portalsipil.com kembali lagi saya akan memberikan tips memilih besi untuk kebutuhan proyek, tips ini sebenarnya sudah diketahui oleh para civil engineer diproyek namun tentu bagi orang awam yang baru mau membeli besi untuk kebutuhan pekerjaan renovasi ataupun pekerjaan struktur rumah tinggalnya wajib mengetahui tips ini,  nah apa saja tipsnya silahkan disimak kawan.

Tips memilih besi untuk kebutuhan proyek

1. Pilih besi sesuai ukuran dimensi perencanaan tulangan
Pada umumnya besi yang dijual ditoko bahan bangunan mempunyai ukuran dimensi yang berbeda-beda mulai dari yang terkecil 6mm sampai dengan 32mm, nah agar tidak salah beli silahkan lihat gambar perencanaan tulangannya biasanya terdapat ukuran tulangan yang akan digunakan. 

2. Pilih besi yang bersih bebas dari karat
Besi yang berkualitas baik mempunyai tampilan permukaan yang bersih dan bebas dari karatan, namun apabila terlanjur membeli besi yang mempunyai karatan sebelum dipasang dibersihkan dahulu menggunakan sikat besi.

3. Pilih besi yang mempunyai marking SNI dan marking dimensi ukuran pada permukaannya
Besi yang berkualitas baik juga terdapat marking yang dicetak timbul pada permukaannya, misalnya contoh kodenya SNI 19 KS artinya besi tersebut sudah terdaftar mutunya pada badan standar nasional indonesia kode 19 artinya ukuran dimensinya sedangkan KS berarti asal produksi besi tersebut.

4. Cek mutu bajanya di laboratorium
Untuk pengujian mutu baja dilaboratorium ini jarang dilakukan pada proyek skala kecil atau bangunan pribadi karena biayanya yang lumayan besar, namun ada baiknya jika kawan agak ragu dengan kualitas besi maka silahkan dicek di laboratorium. 

Itulah beberapa tips memilih besi untuk kebutuhan proyek, semoga tips ini dapat bermanfaat. Wassalam
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment